Kegiatan yang Dirindukan


Resume ke  : 02

Gelombang : 29

Hari / Tanggal : Rabu, 21 Juni 2023

Tema               : Writing is My Passion

Nara Sumber  : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd

Moderator  : Sigid Purwo Nugroho,S.H

 

Usai pertemuan KBMN-29 perdana kemarin, membuat semangatku kian meledak. Hingga membuatku semakin penasaran. Menunggu pertemuan yang kedua malam ini. Telah menguji rasa kesabaranku.

Ada 2 hal yang membuatku rindu, ingin bertemu lagi dengan tim solid KBMN. (1). Rindu dengan materi ilmu tentang menulis dan (2). Rindu dengan tugas membuat resume. Sebagai rencana tindak lanjut hasil belajarku.

Pada pertemuan ke 01 kemarin, hasil resumeku bertengger di posisi 29 daftar list resume peserta. Setelah di renungkan, ternyata angka 29 daftar list ku sama dengan angkatan ke 29 KBMN ini. Aku yakin ini bukan kebetulan tapi sudah diatur oleh Allah swt. Apa hikmahnya?.Biar waktu yang akan menjawabnya!.

Sigid, membuka acara sekaligus memperkenalkan pemateri malam ini. Katanya beliau dikenal sebagai Ratu Antologi dan Pegiat Literasi. Nama trennya bunda Kanjeng. Dalam setahun pemateri ini, mampu membuat antara 3-5 buah buku. Luar biasa!. Hingga saat ini telah menghasilkan 51 karya buku Solo dan seratus lebih buku Antologi.

Meski usianya lebih dari 61 tahun (semarang,8 April 1961). Kecintaannya terhadap literasi tak pernah pudar. Buktinya di masa purna tugas ini, masih aktif membersamai berbagai kegiatan literasi. KBMN 1 sd 29. Beliau tetap produktif di usia senja.

Pada masa kecilnya, bunda Kanjeng sering melihat orang tuanya membaca koran dengan suara keras. Sehingga berimbas pada dirinya. Sejak saat itu ia mulai rajin membaca buku. Dengan meminjam, menyewa bahkan membeli buku-buku bacaan. Kebiasaan inilah yang membentuk karakternya. Sehingga dikenal sebagai Ratu Antologi seperti saat ini. 

Ternyata benar, pengalaman bunda Kanjeng ini.Sesuai dengan Wenny Hulukati pada jurnal MUSAWA, Vol. 7 No.2 Desember 2015 : 265 - 282.

Bahwa pendidikan anak terbentuk, sejak dalam kandungan hingga usia lanjut. Tri pusat pendidikan. Diawali dari lingkungan keluarga (informal), lingkungan sekolah (formal) dan lingkungan masyarakat (nonformal). 

Meski usianya senja “ulama”, semangat bunda Kanjeng, tidak diragukan lagi. Saya teringat hadist nabi berikut ini  “Uthlubul 'ilma minal mahdi ilal lakhdi. Artinya: “Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat.” kiranya tidak berlebih, bila disematkan kepada bunda Kanjeng, sebagai contohnya.

Terima kasih ibu. Di usia senja ini, kau telah menyebarkan kebaikan melalui tulisan. Kau ceritakan pengalamanmu hingga menjadi motivasi bagi pecinta literasi.

Ibu telah meninggalkan jejak malam ini. Jejak itu telah menjadi jalan bagi kami peserta KBMN-29. Insyaallah, kami akan selesaikan belajar ini hingga 30 kali pertemuan.

Kami akan ingat pesanmu. Bergaul dengan komunitas penulis, saling menyemangati sesama penulis dan sabar untuk menjalani proses menulis.

Ibu, bilamana boleh Aku minta, 1 saja!. Doakan kami menjadi penulis hebat seperti mu. Aamiin.


 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton atau Belajar

Tantangan : Menulis Buku dalam Dua Minggu