Sakitku, Tetap Ngeresume

 



Resume ke      : 3

Gelombang     : 29

Hari / Tanggal : Jum'at,23 Juni 2023

Tema              : Teknik Penulisan Resume

Nara Sumber : Raliyanti,S.Sos.,S.Kom., M.Pd

Moderator      :  Purbanisita Kusumaning Sedyo,S.Pd



Pertemuan ke 3 ini, kondisi badanku kurang fit. Sedang dalam keadaan sakit diare dan demam. Namun semangatku untuk hadir di pertemuan ini,  membuatku harus sehat. Alhamdulillah meski dalam proses penyembuhan. Aku paksakan untuk tetap belajar menulis. Melalui kegiatan KBMN-29 ini. 

Pada setiap pertemuan,judul tema materi yang disampai oleh tim solid, sangat membuat penasaran. Bagiku sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, selama masih bisa dikondisikan maka kehadiranku, wujud semangatku untuk belajar bisa untuk menulis. 

Apalagi malam ini materinya sangat menarik. Teknik Penulisan Resume. Bagaimana cara menulis resume yang baik. Hal apa saja yang dipersiapkan dalam membuat resume. Materi apa saja yang bisa dibuat resume. Sebagaimana mukadimah yang sangat menarik oleh moderatornya, yaitu Purbanisita (Sita) . Terlebih pematerinya jebolan KBMN-20. ibu Raliyanti. Tentu sangat mumpuni (qualified) untuk diikuti. 

Bagi kita sebagai guru kata resume, bukan kalimat asing. Resume seringkali kita buat saat kuliah. Bahkan kita ajarkan kepada peserta didik di madrasah. Namun demikian, resume yang kita buat, semampunya saja. Bahkan mungkin “ tidak berdasarkan ilmunya”.

Resume adalah intisari atau ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan yang panjang.Tanpa menghilangkan bagian penting dari isi tulisan tersebut. Isi resume setidaknya (1). Judul materi dan nama narasumber. (2). Ringkasan singkat sesuai tema utama dalam materi. (3). Bagian penting yang dipilih untuk disertakan dalam resume.

Bagaimana menulis resume?. Diantaranya dengan (1). menyimak materi dengan baik, (2).Ulas ulang materinya dengan singkat menggunakan bahasa sendiri, (3).Upayakan tidak copy paste, (4). Perjelas resume dengan data yang relevan, (5). Berikan kesimpulan diakhir resume. 

Bagaimana membuat resume cepat? Berdasarkan pengalaman alumni KBMN ibu Maesaroh. Dengan memanfaatkan perangkat hp dan laptop secara bersamaan. Sesuaikan dengan fungsinya. Hp untuk membaca materi dan laptop buat resumenya. 

Taktik ini, boleh dicoba bilamana adanya keinginan untuk menjadi F1. Dalam mengumpul tugas resume. Selain dapat hadiah tentunya ada kepuasan sendiri.  Hal ini juga telah diajarkan dalam Al-Qur’an yang sebagaimana terdapat dalam surah al-Insyirah ayat 7 : “Apabila kamu telah selesai dari suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. Kalimat ini juga relevan dengan slogan wakil presiden ke-10 Jusuf Kalla, yang pernah saya terdengar : Ikan sepat ikan gabus. Lebih cepat lebih bagus. Artinya tugas kita jangan ditunda-tunda.

Tugas resume dimalam ini, adalah bukti hasil belajarku. Semoga resume ini mampu menjawab kebingungan kawan-kawan dalam menulis resume. Resume harus lebih singkat, padat dan tetap berbobot. Dari resume yang dibaca, orang lain paham isi materi yang disampaikan. Tanpa harus menyimak ulang materinya. 

Terima kasih ibu, Raliyanti. Terima kasih ibu Sita. Kalian is the best!.

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan yang Dirindukan

Nonton atau Belajar

Tantangan : Menulis Buku dalam Dua Minggu