Berprestasi & Go Internasional Berkah Menulis

 


Resume ke      : 27

Gelombang     : 29

Hari / Tanggal : Jum'at 25 Agustus 2023

Tema              : Berprestasi Go Internasional Berkat Menulis

Nara Sumber : Rita Wati,M.Kom

Moderator      : Nur Dwi Yanti,M.Pd


Semakin ke ujung, kegiatan KBMN 29 ini terasa semakin menarik.Terlebih Narsum nya orang-orang yang menurutku sangat hebat dan menginspiratif.Seperti Cikgu Rita Wati. Seorang yang bersahaja.Guru Informatika di SMPN 2 Mendoyo Kab.Jembrana Provinsi Bali. Seorang alumni KBMN angkatan ke-10. Kini sudah menjadi narasumber KBMN sejak di angkatan ke 16. 

Berkat prestasi menulisnya yang dimulai sejak tahun 2001, Cikgu Rita sudah menjadi kurator,editor, moderator hingga narasumber dan menjadi juara blog dan guru inspiratif terbaik nasional dan berkesempatan belajar di Harvard dan Volunteer AIV.

Kisahnya berawal dari "menulis apa yang ada dipikiran". Maka lahirlah 80 halaman cerpen yang hanya menjadi file dan mengendap di Hidden Folder. Sebab rasa kurang percaya diri dan takut tulisannya dibaca orang lain. Bahkan men-jungle diri sendiri sebagai "orang yang tidak berbakat menjadi penulis". 

Berkat pandemi, bertemulah dengan kelas belajar yang membuka cakrawala berpikir hingga bertemu narsum hebat Prof.Richardus Eko Indrajit. :



Hingga saat ini telah menerbitkan 4 buku solo, 1 buku dut dengan prof.Ekoji dan 10 buku antologi. Terbaru mampu menulis buku biografi kepala BI Wilayah bali Nusra.



Menulis bagi cikgu Rita awalnya sebagai hobi. Hobi ini ternyata menghantarkannya hingga menjadi orang hebat, go internasional. Bermula dari Zero, kini menjadi HERO. 







Menulis bukan sekedar aktivitas rutin, melainkan sarana untuk meraih prestasi dan menggapai panggung internasional. Terlebih dalam era digital sekarang ini. Maka penting untuk membedakan gaya dan suara unik dalam menulis. Mengembangkan keterampilan menulis, teknik-teknik menulis, memahami struktur narasi, pengembangan karakter dan alur cerita dalam tulisan. Mengatasi hambatan dan kegagalan. Menerima kritik dan rejections sebagai bahan dari proses. Motivasi dan ketekunan menghadapi hambatan.

Dengan mengasah keterampilan menulis, memanfaatkan teknologi dan berkomunikasi dengan pembaca dari seluruh dunia. Penulis dapat menciptakan dampak yang positif, mempengaruhi dan menginspirasi banyak orang. Melalui dedikasi dan kerja keras menulis menjadi untuk berprestasi dan berbagi berkah dengan dunia. Karena "Seleksi alam mulai terjadi".

Cukup sudah bagiku membicarakan cikgu Rita ini, tak akan habis dalam waktu singkat. Prestasinya Luar biasa (amazing)., Keren dan Masya Allah. Terkagum dan terpesona aku dibuatnya. 

Rejeki bagiku,  karena mengenal dan pernah belajar dengannya. Meskipun masih pada dunia maya. Terima Kasih cikgu Rita Wati, materi malam ini sangat bermanfaat untuk ku. You are my inspiration in writing. ***











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan yang Dirindukan

Nonton atau Belajar

Tantangan : Menulis Buku dalam Dua Minggu